Monday, March 2, 2020

Virus Malas

Saat ini sedang marak virus Corona. Semua orang di seluruh dunia menjadi panik. Ada banyak respond dari mereka dalam menanggapi kedatangan virus ini. Ada yang memborong masker, memborong bahan-bahan makanan. 

Ketahuilah, di dalam dunia pendidikan, ada beberapa virus yang sangat berbahaya, lebih berbahaya dari virus di atas dan tidak ada obatnya kecuali dari diri sendiri. Seperti:
1. Virus malas.  
Virus ini menjangkiti hampir di semua lapisan masyarakat pembelajaran. Apalagi bila yang dihadapi adalah pelajaran yang tidak disukai, sulit, ditambah dengan pengajarnya yang tidak menyenangkan, jutek, dan 'killer.' Jadi setiap masuk kelas pas pelajaran yang dimaksud, virus itu akan datang. Rasanya ingin lari dari dunia ini. 
2. Virus tidak percaya diri.
Virus ini menjangkiti orang-orang yang bermental 'passenger', yaitu orang-orang yang hanya mau menjadi pengikut dari pada pemimpin-pemimpin yang sesuai dengan kemauannya. Kenapa? Mereka tidak percaya diri kalau mereka itu bisa menjadi yang terbaik dan dengan kepercayaan dirinya mereka bisa menciptakan satu yang baik dan menjadi pemimpin kelak. 

Kedua virus inilah yang menghambat perkembangan pendidikan. Jadi virus-virus seperti ini harus diberantas. Mari kita sama-sama mencari solusinya, karena antibiotiknya ada pada diri kita sendiri. 

No comments:

Post a Comment